Benda yang Dilarang di Bagasi Pesawat Sebelum Anda Terbang

Benda yang Dilarang di Bagasi Pesawat Sebelum Anda Terbang

Bagi Anda yang suka pergi berwisata, jangan lupa untuk menggunakan asuransi perjalanan Indonesia sebagai jaminan perlindungan jika ada barang hilang. Dengan adanya asuransi ini, kerugian akibat kehilangan barang tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Berbicara mengenai barang bawaan saat berlibur, Anda juga wajib tahu juga jenis benda yang dilarang di bagasi pesawat, barang-barang ini juga tidak mendapat jaminan asuransi tersebut.

Benda yang Dilarang di Bagasi Pesawat Sebelum Anda Terbang

Contoh Benda yang Dilarang di Bagasi Pesawat

Barang-barang yang tertera di bawah ini tidak boleh Anda bawa saat menumpang pesawat karena dapat membahayakan penumpang lainnya. Sebagian di antaranya hanya boleh Anda bawa dengan menunjukkan surat izin khusus kepada petugas yang berwenang di bandara.

1. Barang Mudah Terbakar

Jenis barang pertama yang tidak boleh berada di bagasi pesawat terbang ialah barang-barang mudah terbakar. Beberapa contohnya yaitu kembang api, rokok, dan sumbu kompor. Kemudian ada pula korek api, pemantik (lighter), dan amunisi senjata api yang juga termasuk barang mudah meledak.

2. Zat Kimia Berbahaya

Zat kimia yang tergolong ke dalam benda yang dilarang di bagasi pesawat yaitu pestisida, deterjen, dan alkohol. Cairan korosif semisal alkali, merkuri, dan semprotan merica pun termasuk juga. Shampo dan sabun tangan cair masih boleh, selama wadahnya kedap udara dan tak mudah bocor.

3. Senjata Api dan Tajam

Kategori benda terlarang dalam pesawat lainnya yaitu senjata api, seperti pistol, senapan berburu, dan senapan airsoft. Tidak hanya itu, senjata tajam pun tidak boleh Anda bawa, misalnya pisau dapur, pisau lipat, dan silet. Larangan ini juga berlaku untuk senjata replika alias tiruan.

4. Tabung Gas

Ada beragam zat kimia yang berwujud gas dan tersimpan di dalam tabung gas. Benda-benda ini juga tidak dapat Anda bawa masuk ke sebuah pesawat terbang. Contohnya yaitu semprotan deodoran, tabung oksigen, tabung elpiji semua ukuran, dan gas butana untuk kompor portable.

5. Perangkat Elektrik

Berikutnya, kategori benda yang dilarang di bagasi pesawat terbang adalah perangkat elektrik. Skuter elektrik, rokok elektrik, dan power bank ialah beberapa contoh barangnya. Adapun barang seperti baterai berisi lithium, catok rambut, dan kursi roda elektrik juga tidak boleh Anda bawa.

6. Hewan dan Tanaman Hidup

Hampir semua bandara di seluruh dunia menetapkan bahwa binatang hidup, apapun jenis dan ukurannya, tidak boleh masuk bagasi pesawat. Peraturan yang sama juga berlaku untuk segala jenis tanaman, baik yang besar maupun kecil, berbunga atau tidak berbunga.

Paham Jenis Benda yang Dilarang di Bagasi Pesawat?

Setelah membaca penjelasan di atas, diharapkan Anda jadi lebih siap saat harus bepergian. Jangan sampai, perjalanan Anda terganggu karena harus mengeluarkan barang atau meninggalkan barang-barang terlarang tersebut sebelum akhirnya diperbolehkan melanjutkan peralanan.

Tinggalkan Balasan